banner 468x60

Komentar GP Mengenai Sipol

DAERAH 0

Seperti yang diketahui bahwa, Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) merupakan sistem yang memproses pengumpulan data administrasi partai politik yang dibutuhkan untuk bahan verifikasi sebagai peserta pemilu.

Langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memunculkan Sipol sebagai bentuk upaya sistem administrasi partai politik. Selain itu, Sipol dapat mendeteksi kagandaan baik yang ada di internal maupun eksternal partai politik dan pengurus partai yang tidak memenuhi syarat seperti : TNI, Polri, ASN dan seseorang yang belum berusia 17 tahun serta belum menikah.

Mengenai adanya sistem ini sejumlah kalangan terus menyampaikan komentarnya, salah satu diantaranya adalah Gery Permana salah seorang pengurus di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) DPD Partai Persatuan Indonesia Kabupaten Bogor.

Ketika disambangi dan dimintai pendapatnya oleh Santanu salah seorang Mahasiswa Fakultas Hukum tingkat akhir asal Universitas Pakuan Bogor yang sedang melakukan penelitian dan penulisan skripsinya sebagai syarat menyandang gelar akademik Sarjana Hukum di almamaternya tersebut, Gery berpendapat bahwa syarat yang mewajibkan penggunaan Sipol sebelum mendaftar sebagai calon peserta Pemilihan Umum di tahun 2019 memiliki kelemahan yuridis.

Gery menilai bahwa, syarat wajib yang tertuang dan diatur oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU RI) No. 11 tahun 2017 memiliki kelemahan yuridis. Legitimasi atas penggunaan Sipol saya pertanyakan karena tidak diatur dalam Undang Undang No. 7 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Ujar Gery.,

Menurut Gery, kebijakan tersebut memang sangat membantu untuk mempermudah partai politik yang akan dilakukan verifikasi baik secara administrasi maupun secara faktual, namun jangan sampai berpotensi menabrak Undang Undang.

Lebih lanjut Gery mengatakan bahwa, pihak KPU wajib melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen yang diajukan oleh partai politik secara fhisik sesuai dengan ketentuan Pasal 176 dan Pasal 177 Undang Undang No. 7 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Tegas Gery.,

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply