banner 468x60

7 Pernyataan HIPMI NTT Mataram terkait pernyataan Mendikbud RI

Uncategorized 0

Mengenai pernyataan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan Republik Indonesia, Bapak Muhadjir Effendy dalam mengklarifikasi persoalan hasil survey dari Programme International for Students Assessment ( PISA ) menuai protes dari Keluarga Besar Himpunan Pelajar Mahasiswa Islam ( HIPMI ) NTT Mataram.

” Saya melihat pernyataan yang dilayangkan oleh Bapak Muhadjir Effendy terlalu mendiskriminasikan NTT. Kenapa harus NTT ? Bukannya NTT masih lebih bagus ketimbang dua Provinsi yang lainnya. Lebih bagus jika klarfikasi yang disampaikan oleh Bapak Effendy disebut secara universal saja. Biar tidak ada yang saling tersakiti dan tersinggung.” Ujar Kraeng Hamid Ketua Umum HIPMI NTT Mataram

Hidayat Rudini sebagai salah satu Mahasiswa NTT yang sedang menempuh Pendidikan di Kota Mataram dan juga sebagai salah satu Pengurus BEM Universitas Muhammadiyah Mataram pun menyanyangi sikap Mendikbud RI. Rudini meminta agar Mendikbud RI meminta maaf secara Live di TV Nasional kepada masyarakat NTT dan tidak setuju atas apa yang telah disampaikan oleh Bapak Effendy.

Bukan hanya mereka saja, akan tetapi Mahasiswa NTT lain juga, Muhamad Nur sebagai Sekretaris BEM FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram menuai protes. Menurutnya, merasa sangat tersinggung dengan statement yang dilontarkan oleh Bapak Effendy yang telah melecehkan kualitas Pendidikan NTT dan kami siap melakukan gerakan aksi nyata sebagai jalan tengah.

Rupanya menuai protes itu bukan hanya dari Mahasiswa NTT yang berdomisili di Mataram saja, akan tetapi semua Daerah sudah melakukan gerakan aksi nyata sebagai bentuk protes terhadap sikap dari Bapak Muhadjir Effendy selaku Mendikbud RI dan pernyataan itu membuat masyarakat NTT sendiri merasa tersakiti.

Menurut Kraeng Hamid, aksi protes itu, bukan hanya di Kota Mataram saja akan tetapi semua masyarakat NTT. Contohnya kemarin Mahasiswa NTT yang ada di Malang, Jakarta, Makassar dan Daerah lainnya sudah melakukan aksi protes dengan turun aksi kejalan. Dalam waktu dekat HIPMI NTT Mataram akan melakukan demonstrasi berdasarkan hasil kesepakatan bersama.

Lanjutnya, HIPMI NTT Mataram sudah melakukan diskusi dengan warga NTT yang ada di Mataram mengenai persoalan ini. Sudah melakukan rapat beberapa kali. Jadi pernyataan ini pada dasarnya memiliki dua sisi, sisi Positif dan Negatif. Untuk itu, berdasarkan hasil kajian, HIPMI NTT Mataram menyatakan sikap diantaranya :
1. Meminta kepada MENDIKBUD RI, Bapak Muhadjir Effendy untuk segera meminta maaf kepada masyarakat NTT melalui TV Nasional secara Live.
2. Meminta kepada MENDIKBUD RI untuk mengkroschek Anggaran Pendidikan di Daerah Provinsi NTT. Baik yang dari Pusat maupun Anggaran Daerah sendiri.
3. Meminta kepada Pimpinan Redaksi Jawa Pos untuk membagi rekaman Video asli hasil wawancara dengan Bapak Muhadjir Effendy.
4. Meminta kepada Pemerintah Provinsi NTT untuk mentrasnparansi Anggaran Pendidikan Daerah ke Publik
5. Meminta kepada Pemerintah Provinsi NTT untuk meningatkan kualitas mutu Pendidikan NTT dengan melengkapi fasilitas pendukung pendidikan
6. Meminta kepada Pemerintah Provinsi NTT untuk mentrasnparansi Anggaran Beasiswa Prestasi Dan Non Prestasi.
7. Mengundang Bapak Muhadjir Effendy, Mendikbud RI bersama Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayan NTT hadir di Kota Mataram ( NTB ) untuk melakukan diskusi, mengkaji untuk memberikan solusi bersama mengenai Pendidikan NTT lebih baik lagi.

author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply