banner 468x60

Tahun Baru Hijriah 1439 H Jadikan Sebagai Momentum Persatuan

METROPOLITAN 0

Foto: BeritaTimoer.com

“Ditahun baru Hijriah ini, kita harus hijrah dari hidup negatif menjadi positif, dari biasa menjadi juara, dari sengsara menjadi sejahtera”

 

JAKARTA (BeritaTimoer.com) – Tepat malam ini umat Islam memasuki tahun baru dalam kalender Islam yaitu 1 Muharram 1439 Hijriah. Momentum bulan Muharram jadikan untuk memperkuat persatuan, ujar Wakil Ketua Partai Berkarya DPC Jagakrsa, Akbar R, kepada BeritaTimoer.com saat ditemui di kantor DPC Partai Berkarya, Jalan Kebagusan Raya No. 22, Jagakarsa, Jakarta Selatan (20/09).

“Selamat Tahun Baru Hijriah 1439 H untuk kaum muslimin di manapun berada. Semangat tahun baru kita jadikan momentum untuk memperkuat persatuan,” katanya.

Akbar melanjutkan, kita harus lupakan perbedaan, temukan persamaan. Bersatu menjadi umat yang unggul, berdaya saing & sejahtera.

“Ditahun baru Hijriah ini, kita harus hijrah dari hidup negatif menjadi positif, dari biasa menjadi juara, dari sengsara menjadi sejahtera,” pungkas Akbar.

Tahun baru Islam merujuk pada kalender Hijriah yaitu kalender yang digunakan oleh umat Islam. Kalender ini juga digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya.

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan peredaran Matahari.

 

 

 

Penulis: ZS

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply