banner 468x60

Nama Batu Akik Pandan Tidak Terkait Dengan Daun Pandan

KOMUNITAS 0

Foto: Istimewa

“Jawara dulu sring make akik yang ga lazim {ukurannya gede-gede}, sampe kumpeni-kumpeni pade heran”

JAKARTA (BeritaTimoer.com) – Bagi penggemar atau koleksi jenis bebatuan, khususnya jenis batu akik. Batu akik pandan tentulah sudah tidak asing lagi, lantaran bentuknya yang unik memanjang menjadi ciri khas tersendiri.

Foto : Istimewa

Dalam tulisan singkat ini tidak diurai ragam jenis batu pandan ataupun keistimewaannya, namun hanya membahas asal usul penamaan istilah pandan.

Agak penasaran memang jenis batu disamakan dengan tumbuhan, karena berbeda unsur. Penulis sendiri coba mengamati beberapa jenis batu akik pandan dan dicocoki dengan daun pandan yang sesungguhnya, alhasil penulis kesulitan mendapatkan unsur kesamaan serat atau corak apapun.

Foto : Istimewa

Walau terdapat juga pemakai cincin akik pandan yang sedikit memaksakan pendapatnya dengan mengkaitkan dengan daun pandan. Hal itu sah saja, karena berpendapat toh tidak dilarang.

Namun seorang teman yang memakai batu akik pandan sejak lamapun tidak mengetahui asal usul penamaan pandan tersebut. Pada akhirnya penulis coba buka blog komunitas pecinta akik pandan, dan ditemukanlah jawabannya seperti dibawah ini;

Menurut cerita Almarhum, Engkong Amat Bin Ali, Ali Bin Cutek yang disampaikan nye emang akik Pandan itu ga ade sangkut paut nye ame daon pandan. Kate Pandan sendiri di ambil Dari ejaan kate Meneer Holand {PENDANT} yang berarti kire-kire LIONTIN. Jawara dulu sring make akik yang ga lazim {ukurannya gede-gede}, sampe kumpeni-kumpeni pade heran. Kok ‘liontin{pendant} di jadiin cincin… nah lame-lame kakak buyut kite pun nyebut akik nye pandan,,,,,!

Jadi bisa disimpulkan penyebutan nama Akik batu Pandan Itu plesetan dari kata Pendant (Liontin).

 

Semoga Bermamfaat.

(Diolah dari berbagai sumber)

Penulis : Kris Rahmatiasina

Edt.NA

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply